Konvensi Mutu merupakan acara tahunan yang di selenggarakan oleh PT. Buana Karya Bhakti sebagai wujud apresiasi terhadapat para karyawan yang telah berhasil melakukan improvement melalui  GKM (Gugus Kendali Mutu).

Konvensi Mutu IX tahun 2017 telah terlaksana dengan baik dan lancar. Di mana terdapat 5 gugus kendali mutu yang melaju ke final. Artinya ada 5 hasil improvement GKM teratas dari 14 GKM yang lolos verifikasi pada periode 2016-2017. Kelima GKM tersebut yaitu GKM Serdadu, GKM Banangseta, GKM The Transporter, GKM L.A. dan GKM Unicorn.

Improvement yang dilakukan dari masing-masing GKM tersebut, kita simak dalam uraian di bawah ini.

  1. GKM Serdadu dari Afdeling 1 Harvest Inti BKB

Tema GKM : Tingginya over prunning saat potong buah

Judul GKM : Meminimalkan over prunning saat proses panen di tahun tanam 2006 Blok PH 40

Improvement berupa modifikasi alat dodos yang awalnya hanya menggunakan pipa galvanis dengan panjang 2,5 meter – 3 meter, disambung dengan pole alumunium dengan panjang 2,5 meter, sehingga panjang maksimal dodos ini menjadi 5,5 meter. Alat ini digunakan pada tanaman umur 9 – 10 tahun yang merupakan umur tanaman transisi penggunaan alat dari dodos menjadi egrek.

  1. GKM Banangseta dari Staff Inti BKB

Tema GKM : Tingginya losses pupuk pada kegiatan pemupukan

Judul GKM : Tingginya losses pupuk di kegiatan ecer pupuk

Improvement berupa pembuatan alat luncuran pupuk pada saat proses pengeceran, yaitu proses penurunan pupuk dari unit pengangkut ke masing-masing jalur tanaman yang akan dipupuk. Alat luncuran ini dibuat karena losses pupuk sangat tinggi pada proses pengeceran, yang disebabkan oleh sobeknya karung pupuk akibat terhempas saat menurunkan dari unit angkut.

  1. GKM The Transporter dari Departemen Logistik HO

Tema GKM : Sistem pengiriman barang dari gudang transit

Judul GKM : Menurunkan kesalahan pengiriman barang, barang terkirim tanpa Surat Kirim

Improvement berupa meningkatkan sistem administrasi dalam proses pengiriman barang dari gudang transit di HO Banjarmasin menuju gudang sentral di Site Satui. Peningkatan sistem administrasi berupa pengelompokkan surat Jalan barang dari supplier antara yang sudah diinput ke program dengan yang belum diinput sehingga tidak tercampur. Mengemas barang yang akan dikirim dengan rapi dalam kardus packing dan membuat packing list yang ditempelkan pada kardus packing.

  1. GKM L.A. dari Afdeling 1 Up Keep Inti BKB

Tema GKM : Pemakaian unit TLB untuk pemasangan buist beton kurang efisien

Judul GKM : Menurunkan tingginya biaya pasang buist beton

Improvement berupa pembuatan alat untuk mengangkat gorong – gorong (buist beton) pada pekerjaan pemasangan gorong – gorong. Sebelumnya gorong – gorong diangkat dan dipasang menggunakan tali tambang. Proses mengikat gorong-gorong dengan tali tambang tersebut menyebabkan HM TLB (tractor loader backhoe) terus bertambah. Maka dibuatkan alat khusus dari besi yang digunakan untuk mengangkat gorong – gorong tanpa proses pengikatan dengan tali tambang.

  1. GKM Unicorn dari Maintenance PKS

Tema GKM : Mengurangi pemakaian air di hydrocyclone

Judul GKM : Mengurangi air yang terbuang dari outlet over flow HC Improvement yang dilakukan adalah dengan merekondisi cone hyrdocyclone yang sudah aus, juga membuat pelampung untuk membuka dan menutup valve secara otomatis. Dengan demikian air yang digunakan di hydrocyclone menjadi lebih hemat karena tidak terbuang.

Categories: ARTIKEL

1 Comment

AHMAD AMIN · 9th October 2019 at 10:26 pm

semoga kualitas semakin terdepan semakin baik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *